snow

Dinsdag, 24 September 2013

Resep Puding Semangka

Bikin puding semangka pas cuaca panas gini kayaknya pas banget. Waktu praktek pertama kali sukses...eh, pas bikin yang kedua  dan agak banyak ( buat 4 loyang) malah gagal...busa sama agar agarnya misah.
Penyebabnya agar- agarnya masih panas waktu di masukin putih telur.
Jadi agar agar harus hangat dulu, tapi jangan sampai dingin agar tidak beku sebelum di kasih warna sama kismis.Nih.. resepnya.......
Bahan:
3 Bungkus agar agar @ 7gr
350 gr gula pasir
1 liter air
4 butir putih telur
1  bungkus vanili bubuk
kismis 1 genggam, rendam sebentar
Pewarna merah dan hijau secukupnya ( yang cair )

Cara membuat :
1. Didihkan agar agar, gula, vanili dan air. Angkat dinginkan sebentar
2. Kocok putih telur dengan mixer sampai kaku.
3. Masukan 1 sendok sayur agar agar kedalam kocokan putih telur, mixer sampai rata.
4. Bagi putih telur menjadi 4 bagian, masukan seperempat bagian ke dalam agar agar 
     kocok lagi.
5. Masukan lagi sisa putih telur, kocok lagi sampai habis.
6. Tuang ke Mangkok kaca besar yang berbentuk setengah lingkaran/bola.
7. Di tengah adonan, di beri tetesan pewarna merah.
8. Dengan lidi, pewarna di putar putar sampai membentuk lingkaran tapi jangan sampai 
    kena dasar loyang,
    dan jangan sampai pinggir loyang, ada adonan yang dibiarkan putih .
9. Masukan kismis dengan cara di sebar di adonan merah.
10.Setelah beku keluarkan agar agar dari mangkok dengan cara di balik.Bagian warna merah
     di bawah
11.Kulit agar agar yang berwarna putih dioles dengan pewarna hijau seluruhnya.
12.Dinginkan dikulkas agar pewarna hijau mengering.
     Ini dia hasilnya.....semoga bermanfaat.



Donderdag, 01 Augustus 2013

Resep Ketupat Betumis Buat Lebaran

Akhirnya...ada waktu buat nulis lagi.
Diakhir bulan Ramadhan 1434 hijriah ini aku sempetin buat nulis resep yang sudah lama banget pengen aku muat. Bikinnya sudah lama, tapi bulan Juli ini betul betul bulan yang sibuk buat aku.
Awal bulan ( 3 juli ) Erza di khitan, karena kalo sesudah lebaran liburnya cuma 3 hari.
3 hari setelah khitan ( sabtu ) ,acara selamatan. Nggak taunya ,hari senin Adlin harus ke Bandung buat tes wawancara STKS. Nambah panjang cuti, pulang pulang kerjaan kantor segudang.
selesai kerjaan kantor, sibuk persiapan lebaran di rumah sama bikin parcel kantor.
Pas hari ini beres semua, bisa santai nulis resep Ketupat Betumis.
Ketupat Betumis 

Bahan:
Ketupat besar  5 buah

Bahan Kuah :
1 Kg kelapa parut, peras menjadi 4 liter santan encer dan 1 liter santan kental.
1/4 Kg kacang putih.
1/4 Kg kacang panjang.
15 siung bawang merah.
10 siung bawang putih.
3 cm laos di memarkan.
3 lembar daun salam.
Garam, gula, dan magi blok secukupnya.

Bahan Masak habang:
20 butir telur bebek, rebus dan kupas.
1/2 Kg udang ukuran kecil ( seukuran ebi), bersihkan .
100 gr cabe merah kering
200 gr bawang merah
100 gr bawang putih
1 batang kayu manis
Gula merah secukupnya
Garam dan penyedap secukupnya

Pelengkap :
Bawang merah goreng.
1/4 kg cabe rawit, ulek dengan sedikit garam. Tumis sebentar .

Cara membuat Kuah;
1. Rebus kacang putih sampai empuk, tiriskan.
2. Potong potong kacang panjang sekitar 1 cm.
3. Iris halus bawang merah dan bawang putih.
4. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukan daun salam dam laos, angkat.
5. Didihkan santan encer, masukan kacang putih, kacang panjang dan bumbu tumis.
6. Masukan santan kental, aduk aduk agar santan tidak pecah. Tambahkan garam, gula dan magi, angkat.

Cara membuat masak habang:
1. Bersihkan cabe merak kering, rebus sampai mengembang, blender halus.( cabe merah di keringkan air
    bekas memblender di atas api kecil sebentar).
2. Haluskan bawang merah dan bawang putih, tambahkan cabe merah kering.
3. Panaskan minyak goreng, masukan cabe dan bawang, masak sampai harum. Tambahkan sedikit air,
    masukan gula merah, kayu manis, garam dan penyedap.
4. Ambil 1/3 bagian bumbu masak habang. Panaskan di wajan yang lain, masukan udang. masak sampai
    matang.
5. 2/3 bagian bumbu masak habang masukan telur rebus. masak sampai kulit putih telur agak berwarna
    kemerahan.

Cara menyajikan :
1. Ketupat  potong kotak kotak kecil. 1 buah ketupat untuk 4 porsi.
2. Tata ketupat di piring, tambahkan kuah dan sayurnya, tambahkan lagi dengan 1 telur masak habang dan 2
    sendok udang. Taburi bawang goreng.
3. Tambahkan sambal cabe rawit jika suka.

Ini dia fotonya, kali aja ada yang mau bikin ketupat betumis ini buat lebaran nanti...
Finally , Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriyah...

Donderdag, 02 Mei 2013

Baby Buncis Daging Giling

Kalau hari minggu maunya masak yang praktis tapi enak. Soalnya aku mau santai, males malesan di kasur, nggak mandi sampai siang  hehehe..
Biasanya ,Yuli  my asisten ijin pulang kalo minggu. Otomatis masak nggak ada yang bantu.
Bongkar kulkas ketemu baby buncis ama daging giling yang beli di hypermart.
Jadilah sayur untuk hari minggu kemaren, baby buncis daging giling dengan bumbu sederhana.

Bahan :
250 gr baby buncis, bersihkan ujungnya .
200 gr daging giling
1 buah bawang bombay
4 siung bawang putih
1 buah tomat kecil
1 sdm saos tiram
2 sdm kecap manis
kaldu bubuk secukupnya.

Cara membuat :
1. Bawang putih di keprek, lalu di cincang halus.
2. Bawang bombay cincang halus, tomat potong tipis lalu cincang halus.
3. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan daging aduk aduk.
4. Masukan tomat, biarkan sampai tomat layu. tambahkan 150 ml air.
5.  Tambahkan saos tiram, kecap manis dan kaldu bubuk.
6. Sementara menunggu daging agak kering, rebus air sekitar 700 ml. Setelah mendidih bubuhkan 1
    sdt garam. masukan buncis. rebus 3 menit. Langsung tiriskan.
7. Tata buncis dipiring saji, siramkan tumisan daging.

Selamat mencoba....







Maandag, 29 April 2013

Soto Banjar Asli...enak

Soto banjar asli.....
Karena menurutku ada soto yang nggak asli. Kalo liat di Google Resep Soto Banjar, aku sering bingung liat soto Banjar koq pake serai, salam,dsb...rasanya sih itu lebih mirip sayur asem .
Kalo di Banjar soto ya pasti pake ketupat, kalo mau pake nasi pesen aja nasi sop.
Aku penggemar berat soto banjar ( ya iyalah...orang banjar asli). Sampai sampai suamiku bilang kalau aku nggak makan soto banjar dalam seminggu bisa bisa aku sakit...xixixix.
Tempat makan soto di Banjarmasin tersebar di mana mana, dari yang warung gerobak sampai di restoran be ac yang muaaahhalll. Dari yang nggak keliatan ayamnya, sampai yang ayamnya bongkahan.
Seingat ku warung Soto yang lama adalah warung soto Pahlawan, soalnya waktu belum sekolah aku sering diajak abah n mama kesana.
Terus ada warung soto Yana Yani, di sungai Jingah. Dulu warungnya di kiri jalan sebelum pindah ke tepi sungai, jadi makan sambil ngeliat kelotok lewat.
Tapi, kalo makan di dekat sungai nggak bisa bo'ong lo...
Ceritanya aku sama teman sekantor Rita lagi ditraktir nakan soto di Yana yani, trus Rita ditelponin sama bos di kantor .Ditanya kapan balik ke kantor, Rita jawab..." Ini udah di jalan pulang pak."
Eh....nggak lama ada kelotok lewat di depan kami yang bunyinya kayak geledek .Diketawain bos deh si Rita ketahuan bo'ong. Mana ada kelotok lewat di jalan raya.

Kalo yang ayamnya gede, pilih aja soto bapukah pengapuran. Ayamnya ada yang disuwir plus yang bongkahan, bisa pilih paha atas, paha bawah, sayap atau dada.... aku suka juga.
Yang paling sering didatengin 'Turis'  ya soto Bawah Jembatan (SBJ) sama soto Abang Amat.

Karena kalo ada temen dari luar kota ke Banjar pasti diajak makan kesana. Suasana pinggir sungai nya itu yang di cari, Makan sambil ngeliat speed dan kelotok plus jukung mondar mandir.
Kalau menurut selera aku, yang paling enak... ( tergantung selera masing masing loooo)
ya Soto Rina Kuin dekat Pertamina. Ennnakkk banget...walau warungnya panas karena atapnya dari seng.
Pokoknya kalo makan abis deh keringatan.
Nih...Poto Soto Rina Kuinnya.


Kalo Resep Soto Banjarnya...ini Versi mamaku.

Soto Banjar

Bahan:
1 ekor ayam kampung
200 gr bawang prei, iris tipis
100 gr bawang merah, iris tipis
1 biji bawang bombay , potong bulat
5 bunga sisir /star anise
10 biji kapulaga
1 butir telur bebek, kocok dengan 5 sdm gula pasir sampai putih dan kental. Tambahkan air dingin aduk rata.
 Royco Ayam dan maggie blok
Garam ,gula dan penyedap secukupnya.

Bumbu Soto :
150 gr bawang merah
50 gr bawang putih
Merica secukupnya
minyak goreng

Pelengkap :
10 ketupat ukuran sedang
20 Butir telur rebus
Soun 1 bungkus, rendam air panas sebentar. setelah agak lunak tambahkan air dingin rendam sekitar 15 menit , tiriskan
Perkedel singkong / kentang
Daun seledri , iris tipis
Bawang merah goreng
Kecap asin / manis
Jeruk
Cabe rawit, ulek halus, goreng sebentar dengan sedikit minyak .

Cara Membuat:
1. Bersihkan  ayam, rebus buang busa busa coklat yang keluar, rebus lagi sampai empuk.
2. Masukan bawang merah, bawang bombay, dan bawang prei.
3. Haluskan semua bahan untuk bumbu soto, tumis dengan sedikit minyak sampai benar benar matang, tapi
    jangan sampai gosong ya...
4. Tambahkan bumbu goreng ,bunga sisir, kapulaga ,royco, maggie blok,garam,gula , penyedap dan
     telur kocok yang sudah di encerkan ke dalam kuah, didihkan lalu angkat.  
5 .Penyajian, potong tipis ketupat, taburi soun; perkedel, suwiran ayam, telur rebus, bawang dan seledri.
6. Sajikan dengan kecap, jeruk dan sambal.
 
Selamat mencoba resep soto banjar asli, semoga bermanfaat........







Vrydag, 26 April 2013

Coba bikin blog

Setelah lama mau bikin blog...akhirnya hari ini berhasil juga.
Kebetulan hari ini masuk kantor, padahal biasanya sabtu selalu bolos.
Tapi satu bulan ini bos  masuk kantor terus...ya anak buah mesti rajin masuk dong.
Habis posting semua kerjaan cari di google cara bikin blog. di ikutin step by step...jadi dah.
Kayaknya blog ini jadi blog gado gado deh...kalo lagi rajin mau masukin resep resep , trus pengalaman, dsb,dst....