snow

Maandag, 29 April 2013

Soto Banjar Asli...enak

Soto banjar asli.....
Karena menurutku ada soto yang nggak asli. Kalo liat di Google Resep Soto Banjar, aku sering bingung liat soto Banjar koq pake serai, salam,dsb...rasanya sih itu lebih mirip sayur asem .
Kalo di Banjar soto ya pasti pake ketupat, kalo mau pake nasi pesen aja nasi sop.
Aku penggemar berat soto banjar ( ya iyalah...orang banjar asli). Sampai sampai suamiku bilang kalau aku nggak makan soto banjar dalam seminggu bisa bisa aku sakit...xixixix.
Tempat makan soto di Banjarmasin tersebar di mana mana, dari yang warung gerobak sampai di restoran be ac yang muaaahhalll. Dari yang nggak keliatan ayamnya, sampai yang ayamnya bongkahan.
Seingat ku warung Soto yang lama adalah warung soto Pahlawan, soalnya waktu belum sekolah aku sering diajak abah n mama kesana.
Terus ada warung soto Yana Yani, di sungai Jingah. Dulu warungnya di kiri jalan sebelum pindah ke tepi sungai, jadi makan sambil ngeliat kelotok lewat.
Tapi, kalo makan di dekat sungai nggak bisa bo'ong lo...
Ceritanya aku sama teman sekantor Rita lagi ditraktir nakan soto di Yana yani, trus Rita ditelponin sama bos di kantor .Ditanya kapan balik ke kantor, Rita jawab..." Ini udah di jalan pulang pak."
Eh....nggak lama ada kelotok lewat di depan kami yang bunyinya kayak geledek .Diketawain bos deh si Rita ketahuan bo'ong. Mana ada kelotok lewat di jalan raya.

Kalo yang ayamnya gede, pilih aja soto bapukah pengapuran. Ayamnya ada yang disuwir plus yang bongkahan, bisa pilih paha atas, paha bawah, sayap atau dada.... aku suka juga.
Yang paling sering didatengin 'Turis'  ya soto Bawah Jembatan (SBJ) sama soto Abang Amat.

Karena kalo ada temen dari luar kota ke Banjar pasti diajak makan kesana. Suasana pinggir sungai nya itu yang di cari, Makan sambil ngeliat speed dan kelotok plus jukung mondar mandir.
Kalau menurut selera aku, yang paling enak... ( tergantung selera masing masing loooo)
ya Soto Rina Kuin dekat Pertamina. Ennnakkk banget...walau warungnya panas karena atapnya dari seng.
Pokoknya kalo makan abis deh keringatan.
Nih...Poto Soto Rina Kuinnya.


Kalo Resep Soto Banjarnya...ini Versi mamaku.

Soto Banjar

Bahan:
1 ekor ayam kampung
200 gr bawang prei, iris tipis
100 gr bawang merah, iris tipis
1 biji bawang bombay , potong bulat
5 bunga sisir /star anise
10 biji kapulaga
1 butir telur bebek, kocok dengan 5 sdm gula pasir sampai putih dan kental. Tambahkan air dingin aduk rata.
 Royco Ayam dan maggie blok
Garam ,gula dan penyedap secukupnya.

Bumbu Soto :
150 gr bawang merah
50 gr bawang putih
Merica secukupnya
minyak goreng

Pelengkap :
10 ketupat ukuran sedang
20 Butir telur rebus
Soun 1 bungkus, rendam air panas sebentar. setelah agak lunak tambahkan air dingin rendam sekitar 15 menit , tiriskan
Perkedel singkong / kentang
Daun seledri , iris tipis
Bawang merah goreng
Kecap asin / manis
Jeruk
Cabe rawit, ulek halus, goreng sebentar dengan sedikit minyak .

Cara Membuat:
1. Bersihkan  ayam, rebus buang busa busa coklat yang keluar, rebus lagi sampai empuk.
2. Masukan bawang merah, bawang bombay, dan bawang prei.
3. Haluskan semua bahan untuk bumbu soto, tumis dengan sedikit minyak sampai benar benar matang, tapi
    jangan sampai gosong ya...
4. Tambahkan bumbu goreng ,bunga sisir, kapulaga ,royco, maggie blok,garam,gula , penyedap dan
     telur kocok yang sudah di encerkan ke dalam kuah, didihkan lalu angkat.  
5 .Penyajian, potong tipis ketupat, taburi soun; perkedel, suwiran ayam, telur rebus, bawang dan seledri.
6. Sajikan dengan kecap, jeruk dan sambal.
 
Selamat mencoba resep soto banjar asli, semoga bermanfaat........







Vrydag, 26 April 2013

Coba bikin blog

Setelah lama mau bikin blog...akhirnya hari ini berhasil juga.
Kebetulan hari ini masuk kantor, padahal biasanya sabtu selalu bolos.
Tapi satu bulan ini bos  masuk kantor terus...ya anak buah mesti rajin masuk dong.
Habis posting semua kerjaan cari di google cara bikin blog. di ikutin step by step...jadi dah.
Kayaknya blog ini jadi blog gado gado deh...kalo lagi rajin mau masukin resep resep , trus pengalaman, dsb,dst....