snow

Donderdag 06 Oktober 2016

Telur Pindang Sedap

   Hari ini jumat yang indah karena pagi pagi sudah hujan di kota Banjarmasin.
Sebagai seorang Pluviophile aki merasakan suasana yang sangat nyaman, tapi berhubung bukan hari minggu harus tetap dandan cantik sebelum ke kantor.
Biar pun Ford Sport baru di cuci bersih tetap harus jalan demi kewajiban seorang karyawan.
Dan aku pun tiba di kantor jam 10 kurang 5 menit ....n nobody in my room hahahaha.
Setelah jam 10.15 baru satu persatu pada datang, maklum hujan yaa..
   Setelah laporan bulan september selesai dikirim, saatnya untuk menuliskan resep di blog pencinta hujan. Cerita sedikit tentang telur pindang, nini dari abah dulu jualan telur pindang yang sedap.
Saat kecil dulu, sering sore sore jalan jalan ke rumah nini sama Hilam adikku diajak abah.
Nini tinggal dengan acil ( saudara abah ), namamya acil Esah. acil Esah punya warung sembako di rumahnya, dan nini menjual telur pindang disana.
Telurnya sedap apalagi kalo yang pecah rasanya asin, gurih dan sintal kata urang banjar.
Jadi kalo main kerumah nini aku pilih sendiri telur yang ada di panci besar, kalau ada yang pecah aku angkat. paling banyak dapat 5 butir telur pecah. Tapi tetap bayar lo sama nini , kasian nini kalo aku ambil gratis huahahaha.
Selain julan telur , nini juga jual wadai sumapan kalo saat bulan bulan puasa. Ada Putri Salat, Sarimuka lakatan dan Amparan Tatak Pisang.
Sayang nggak sempat belajar bikin kue sama nini  karena saat itu aku masih kecil ya
Sekarang nini sudah meninggal dan aku tidak bisa merasakan telur pindang kegemaran ku lagi.
   Tapi yang namanya jaman Inernet, semua bisa di cari di Google atau Youtube. Demikian juga dengan resep telur pindang yang sedap.
Dari hasil browsing, Aku tertarik dengan resep telur pindang yang ada di blog Wendyinkk,blogspot. co.id.  Tapi kemaren pas bikin aku modif sedikit resepnya.
Rempahnya banyak dan banyak macamnya, dan aku minta bantuan acil di kantor buat cari daun daunannya.
Saat bikin kemaren pakai panci yang agak besar, ternyata full setelah di isi telur dan rempahnya.
Dan baunya harum semerbak seperti bau timungan buat pengantin .
Setelah matang aku tes dengan mencari telur yang pecah di dalam rerimbunan daun daun ..lebay.com hehehe.
Ternyata rasanya nggak enak, .....Tapi eeeennnnnaaaakkkk banggeeeettt.
Ini resepnya

Telur Pindang Sedap
Bahan :
50 Butir telur Bebek
15 Lembar daun manggis
15 lembar daun karamunting
30 lembar dau jambu biji
1 batang laos ( laos dengan batangnya ) potong potong tipis
5 batang serai
10 lembar daun pandan
10 lembar daun jeruk purut
3 sdm ketumbar
1 sdm adas manis
1 sdm Jintan
Segenggam kulit bawang merah ( kalau aku kemaren ditambah dengan 2 biji gambir)
Asam gelugur ( Pas nggak punya , aku pakai segumpal asam jawa)
3 sdm kecap manis
1 sdm penuh garam

Cara Membuat :
-Cuci bersih telur dan daun daunan.
- Susun sebagian daun di dasar panci ,tata telur bubuhi bumbu bubuknya, kecap , garam dan air asam
- Susun lagi sisa daun di atas nya.
-Tambahkan air sampai terendam semua bahan
-Rebus selama 3 jam, biarkan selam semalaman
-Besoknya rebus kembali selama 30 menit, biarkan semalam lagi
-Rebus kembali selama 30 menit,
- Telur pindang sedap siap dinikmati.





Geen opmerkings nie: